Sunday, January 17, 2010

Minggu, 17/01/2010 10:25 WIB
Ratusan Orang Demo di Bundaran HI Tolak UN
Didi Syafirdi - detikNews

Jakarta - Ratusan orang dari Aliansi Pelajar dan Masyarakat Tolak Ujian Nasional (UN) menggelar aksi menolak Ujian Nasional (UN) di Bundaran Hotel Indonesia. Mereka meminta pemerintah menaati putusan Mahkamah Agung yang memenangkan pihak penggugat UN.

Dalam aksinya mereka membentangkan tiga spanduk berukuran 1x2 meter berwarna putih bertuliskan 'Ujian Nasional melanggar hak-hak anak, stop UN, patuhi hukum, jalankan putusan pengadilan, UN ilegal, melanggar HAM, boikot UN'. Mereka juga membawa bendera masing-amsing elemen.

Koordinator aksi, Virgo Suliyanto, meminta agar pemerintah menaati putusan pengadilan dengan tidak membuat standar kelulusan yang merugikan pelajar. Pemerintah harus menyiapkan sarana prasarana akses informasi kualitas guru yang merata di seluruh daerah.

"Kita harus tolak UN. Kembalikan kepada sekolah dan guru wewenang meluluskan pelajar," ujarnya di Bundaran HI, Minggu (17/1/2010).

Massa juga membagikan selebaran dan bunga mawar kepada para pengguna jalan. Arus lalu lintas tidak macet dengan adanya aksi ini.

Aksi dijaga sekitar 20 orang polisi. Aksi dimulai sekitar pukul 09.45 WIB dan hingga pukul 10.20 WIB aksi masih berlangsung.
(anw/nrl)

No comments: